Inilah Arena Panjat Dinding Tertinggi Di Dunia





[imagetag]

Olahraga ekstrim wall climbing atau panjatdinding pasti sudah sering Anda dengar. Kota Groningen di Belanda punya kejutanuntuk traveler pecinta panjat tebing. Excalibur, arena panjat dinding tertinggidi dunia ini siap menantang adrenalin!

Menaklukan arena panjat dinding palingmenantang, mungkin ini salah satu alasan traveler pecinta panjat dindingmengunjungi Kota Gronigen di Belanda.

Ya, Negeri Kincir Angin ini punya destinasiseru untuk pelancong yang hobi melakukan panjat dinding. Excalibur merupakansebuah tower arena panjat dinding yang berada di Klimcentrum Bjoeks.

Dalam situs UK Climbing yang dikutip, dindingini menjadi arena pendakian paling tinggi di dunia. Excalibur menjulang 37meter, setingkat lebih tinggi dari dinding Stone Works di Texas, AmerikaSerikat.

[imagetag]

Setiap harinya, banyak traveler dari berbagainegara yang datang dan penasaran dengan dinding ini. Sekilas dinding ini memangbiasa saja, tapi bentuknya yang menyerupai kurva membuat beberapa traveleruntuk berpikir dua kali sebelum memanjatnya!

Semua traveler boleh mencoba menaklukandinding ini. Tantangan utamanya adalah, semakin dekat dengan puncak menara,maka jalurnya semakin miring. Kemiringan menara ini sekitar 45 derajat. Denganbegitu, pemanjat membutuhkan tenaga ekstra.

Selain itu, bentuk, ukuran, serta jarakpijakan dan penumpu yang berbeda-beda juga menjadi kendala. Anda harus berusahamenjaga kestabilan tubuh dan bisa melawan hempasan angin Kota Groningen.

[imagetag]

Tidak mustahil untuk Anda mencapai puncakmenara ini. Bila berhasil, dari atas menara ini pemanjat bisa melihat panoramaKota Groningen. Namun, kebanyakan dari mereka yang sudah bisa mencapai puncakmengatakan, berada di atas menara ini jauh lebih menyeramkan ketimbang saatmemanjat.

Kini, arena panjat dinding ini semakinterkenal ke seluruh dunia. Bila Anda berminat, bisa langsung mengunjungiKlimcentrum Bjoeks atau Bjoeks Climb Center. Bjoeks dibangun pada tahun 1996oleh Gert van deer Veen dan seorang teman bernama Alco Pols.

#ebf431


[imagetag]

Dari atas menara ini, Anda akan merasamelayang di udara dan terombang-ambing. Pastikan kondisi tubuh Anda sangatsehat dan minimal bisa melakukan panjat dinding. Bila tidak memiliki keahlianpanjat dinding, traveler bisa berlatih di arena yang lebih mudah terlebihdahulu.

Tidak perlu khawatir, di Klimcentrum Bjoeksjuga terdapat area wall cimbing indoor dan outdoor. Ketinggian area wallclimbing di tempat ini pun beragam, mulai untuk pemula sampai yang palingmahir. Puncak tantangannya adalah Excalibur Tower. Sudah siap ?

Artikel Terkait