5 Kesalahan Perawatan Rambut Berhijab

#ebf431






Perawatan rambut berjilbab agak sedikit berbeda dengan rambut yang tidak biasa ditutup, karena memiliki masalah yang juga berbeda. Namun, bila perawatan rambut yang dilakukan benar, rambut tertutup tetap bisa sehat. Berikut 6 hal yang tak boleh dilakukan bila ingin rambut berhijab tetap sehat:





1 .

Mengenakan hijab di saat rambut masih lembap. Keringkan rambut secara tuntas, sebab rambut yang lembap kemudian ditutup kain hijab akan mengundang jamur dan bakteri, sehingga munculah bau tak sedap bahkan ketombe.



2. Mengonsumsi makanan berlemak berlebihan. Hal ini bisa berakibat produksi minyak di kulit kepala yang berlebihan. Akibatnya kulit kepala terasa tak nyaman, rambut pun lepek, akibatnya muncul rasa gatal di rambut. Bila digaruk akan menimbulkan gesekan di kulit kepala dan muncul iritasi yang bisa berlanjut pada ruam dan kulit yang mengelupas.



3. Keramas 2-3 hari sekali. Justru karena rambut berhijab, maka kulit kepala lekas lembap. Sebaiknya keramaslah setiap hari. Gunakan shampo yang bisa memberi lapisan pelindung di batang rambut sehingga tak lekas keropos dan rapuh, dan pada akhirnya mudah patah. Keratin adalah salah satu kandungan di shampo yang tak hanya menutrisi tapi juga memberi perlindungan ekstra terhadap kelembapan, terik matahari, serta gesekan akibat penataan rambut. Salah satu shampo yang mengandung keratin adalah Pantene smooth and silky.



4. Mengenakan hijab bergaya tumpuk dari kerudung berkain nilon, satin atau lainnya yang tak kurang bisa menyerap. Bila aktivitas Anda cukup berat, dan butuh keluar masuk ruangan ber AC dan terik matahari, pilih jilbab dari katun. Sesekali boleh saja mengenakan jilbab bertumpuk, dan agak mewah dengan payet dan kain satin, tapi sebaiknya kenakan tak lebih dari 4 jam. Bila sering dilakukan dan dalam waktu yang lama, suhu rambut akan naik dan rambut akan lekas lepek. Hal ini menyebabkan masalah pada kulit kepala, berakibat rambut pun rapuh dan mudah rontok.



5. Mengenakan karet gelang pasar atau elastik dari plastik, atau jepitan dari bahan besi. Gesekan rambut dengan dua benda ini sangat mudah membuat rambut rontok. Hati-hati juga dalam mengikat rambut. Bila diikat terlalu kencang, selain membuat rambut pusing, juga menyebabkan kerusakan rambut lebih cepat. Gelung dengan longgar menggunakan ikat rambut empuk dan terbuat dari bahan elastik yang berkualitas atau jepit dari bahan resin. 









(Source)

Artikel Terkait