10 Cara Menghindari Phising Twitter

 
#ebf431




 

Aksi phishing di Twitter memang tak bisa dihindari. Tidak sedikit pengguna yang jadi korban. Namun demikian kejahatan siber ini masih bisa dicegah. Dan berikut 10 cara untuk mencegah aksi phishing di Twitter:



1. Tautan di DM

Apapun yang tertulis dan apapun yang ditawarkan di tautan yang tersemat di DM, jangan diklik. Cara ini adalah cara paling populer dalam menyebar phishing. Anda wajib waspada dengan segala link yang tersemat di DM.



2. Akun Palsu

Akun-akun palsu di Twitter jumlahnya jutaan. Akun ini tercipta tentunya dengan tujuan tertentu. Untuk itu, waspadalah dengan gerak-gerik akun palsu. Jika akun tersebut mencoba untuk tawarkan sesuatu, jangan diiyakan begitu saja. Selidiki terlebih dahulu akun yang diduga palsu tersebut.



3. Amati Situs

Jeli melihat situs yang mencoba mengakses akun Anda adalah kuncinya. Perhatikan dengan seksama apakah situs yang bersangkutan memang situs 'asli' Twitter tatkala proses authorize app. Jangan asal masukkan email dan kata sandi di situs yang mencurigakan.



4. Revoke Aplikasi

Jika dirasa ada aplikasi yang mengakses akun Anda tanpa izin atau tanpa sepengetahuan, langsung saja dicabut atau revoke. Masuk ke pengaturan dan opsi revoke acces. Cari aplikasi yang dicurigai.



5. Ganti Kata Sandi

Jika segala daya dan upaya tak membuahkan hasil, jalan terakhir adalah dengan mengganti password. Namun, jika kata sandi diganti maka semua aplikasi membutuhkan authorize apps ulang.



6. Situs Followers Instan

Di internet ada ratusan situs yang tawarkan penambahan pengikut cepat atau instan. Jangan asal percaya dengan layanan yang ditawarkan. Bisa jadi itu adalah situs phishing.



7. Waspada Segala Tautan

Tak hanya tautan di DM namun Anda wajib waspada tautan yang tersebar di linimasa. Kuncinya, jangan asal klik meski tawarkan sesuatu yang menarik.



8. Dalami Phishing

Edukasi untuk ini cukup perlu bagi mereka yang masih belum mengenal tentang phishing. Bagaimana bentuknya, cara kerjanya, bahanyanya, serta dampaknya. Gali lebih dalam di internet.



9. Ekstensi Peramban

Baik Chrome, Firefox, atau apapun perambannya pasti miliki ekstensi atau add-ons penangkal phishing. Tak ada salahnya untuk menambahkan ke browser.



10. Be Smart Users

Cukup paham soal Twitter phishing dan sudah mampu menangkal segala bentuk dan bahayanya? Jangan disimpan untuk Anda sendiri. Berbagilah info ini dengan sesama. Karena berbagi adalah peduli.











(Source)

Artikel Terkait