Yahoo Terjangkit Malware Sebabkan Ribuan Users Terinfeksi

#ebf431






Situs Yahoo! dilaporkan telah terjangkit malware dalam beberapa hari terakhir ini. Menukil CNN, setidaknya ada ribuan pengguna yang terinfeksi per jamnya. Apa yang sesungguhnya terjadi?



Usaha jungkir balik Marissa Mayer untuk kembali membuat siuman Yahoo! nampaknya tidak berjalan mulus. Jika menilik ke belakang, di penghujung tahun lalu Yahoo! juga disandera masalah yang serupa.



Layanan email Yahoo! sempat down dalam beberapa pekan. Kasus tersebut terletak pada server mereka. Atas kejadian itu Marissa Mayer dilaporkan sempat frustasi dan bahkan harus meminta maaf langsung ke pengguna.



Kini, nampaknya Marissa Mayer harus siap kembali frustasi. Sebuah perusahaan kemanan internet asal negeri Kincir Angin, Belanda, Fox-IT menguak fakta jika ada malware yang tersembunyi di situs Yahoo! di balik iklan digital mereka di laman Yahoo.com.



Parahnya lagi, malware yang masuk dalam keluarga Trojan ini mampu menginfeksi perangkat pengguna yang sedang berkunjung tanpa harus terjadi action klik. Ini berarti jika pengguna singgah di laman Yahoo.com maka secara otomatis mereka akan terinfeksi malware.



Tak cukup Fox-IT yang temukan celah ini, perusahaan perangkat antivirus Hitman Pro juga senada dengan riset mereka. Iklan digital yang tampil di laman Yahoo! miliki banyak celah yang bisa dimanfaatkan guna kepentingan penjahat cyber.



Menurut Fox-IT, malware menginfeksi sejumlah pengguna di kawasan Eropa. Pengguna di wilayah Inggris, Rumania, dan Perancis adalah korban serangan terbatas. Sedangkan serangan tersebut tidak mempengaruhi pengguna di kawasan Asia Pasifik, Amerika Utara, dan Amerika Latin.

(Source)

Artikel Terkait