Facebook Bisa Ungkap Kepribadian Seseorang

#ebf431






FB
sebagai media komunikasi dan interaksi sosial, ternyata juga bisa digunakan untuk mengungkap kepribadian seseorang. Penelitian terkini menguak fakta jika tingkat harga diri pemilik Facebook bisa diungkap melalui akun jejaring sosial miliknya. Seperti apa?



"Identitas serta refleksi mereka, adalah jenis tindakan yang dilakukan dan informasi diri yang ditambahkan ke Facebook," jelas S.Shyam Sundar, Profesor Komunikasi dan co-direktur Media Effects Research Laboratory, peneliti riset ini.

Ia menambahkan jika pemilik akun yang miliki harga diri rendah akan sangat peduli dengan pendapat (posting) orang lain terhadap dirinya di Facebook. Sebaliknya, mereka yang miliki harga diri tinggi akan lebih memperdulikan diri sendiri. Mereka akan masukkan informasi diri lebih detail ke profil.



Studi ini dilakukan pada 255 mahasiswa sebuah universitas di Korea Selatan. Mereka dipantau secara penuh dan diminta untuk melengkapi profilnya dengan rinci serta meminta menanggapi komentar dan posting pengguna lain yang dialamatkan ke wall masing-masing.



Hasilnya, responden yang miliki harga diri cukup tinggi masif menambahkan informasi diri ke profil mereka. Menambahkan informasi tentang keluarga, pendidikan, pekerjaan, institusi, pengalaman, penghargaan, dan lain-lain.



Hasil penelitian yang disampaikan di pertemuan INTERACT 2013 di Cape Town, Afrika Selatan ini menyebut jika pengguna dengan harga diri tinggi maupun rendah memoles profil mereka dengan cara yang berbeda.



Sedangkan bagi pengguna yang disinyalir miliki harga diri rendah disibukkan untuk habiskan waktu di Facebook dengan terus memantau apa yang terjadi di wall mereka. Pun juga jenis pengguna ini akan menghapus segala post pengguna lain ke dirinya yang tidak sesuai atau dikehendaki.











(Source)

Artikel Terkait