Penggunga Windows XP Pindah ke Linux Capai 11%

#ebf431








11% pengguna Windows XP dikabarkan memutuskan untuk beralih ke sistem operasi open-source Linux.
Hal ini merupakan hasil riset yang dilakukan oleh Tech Pro Research. Kepindahan pengguna Windows XP ini tak terlepas dari dihentikannya dukungan terhadap sistem operasi tersebut pada 8 April 2014 mendatang.



Microsoft telah mengumumkan sejak tahun 2013 lalu bahwa pihaknya akan menghentikan dukungan terhadap sistem operasi Windows XP pada 8 April 2014 mendatang. Raksasa perangkat lunak asal Redmond tersebut kemudian menyarankan pengguna Windows XP untuk beralih ke Windows 7 atau Windows 8.1.



Alih-alih beralih ke sistem operasi Windows yang lebih baru, 11% 'pengungsi' dari Windows XP ini memutuskan untuk menggunakan Linux. Tentu saja hal ini adalah kabar gembira untuk komunitas sistem operasi open-source tersebut karena jumal pengguna Linux akan meningkat cukup signifikan.



Berdasarkan hasil riset yang dilakukan oleh Tech Pro Research, menunjukkan bahwa 11% pengguna Windows XP yang beralih ke Linux ini mengatakan bahwa penerus Windows tidak lebih nyaman dari sistem operasi akan diakhiri dukungannya tersebut.



Menanggapi hasil riset dari Tech Pro Research, komunitas sistem operasi open-source Linux menyatakan siap menerima pengguna dari Windows XP yang akan segera berakhir dukungannya. Hal ini diharapkan dapat meningkatkan pangsa pasar Linux di segmen desktop.



Seperti yang dilansir dari Softpedia (21/02/2014), riset tersebut juga menunjukkan bahwa 37% pengguna XP masih tetap menggunakan OS tersebut, 38% lainnya ingin upgrade ke sistem operasi Windows 7, 1% ingin beralih ke Mac OS X, dan 5% ingin upgrade ke Windows 8/8.1.













(Source)

Artikel Terkait